KAUST Fellowship 2011

Sekitar awal Sepetember yang lalu, KAUST (King Abdullah University of Science and Technology) kembali membuka jalur beasiswa KAUST Fellowship untuk periode 2011. KAUST menawarkan program beasiswa S2 bagi mahasiswa S1 dan beasiswa S3 bagi mahasiswa S2 dari bidang studi Science dan Teknologi di perguruan tinggi manapun di seluruh dunia (termasuk di seluruh Indonesia).

Bagi yang belum tahu KAUST bisa kunjungi situs berikut http://en.wikipedia.org/wiki/KAUST#cite_note-NYT030608-0 atau http://www.kaust.edu.sa/. KAUST baru dibuka September 2009, dan KAUST Fellowship tahun ini adalah yang ketiga kalinya. Kampus KAUST berada di sebelah laut Merah, Thuwal provisi Mekkah, KSA, dekat dengan Jeddah dan 100 km dari Mekkah.

 

Beasiswa yang diberikan mencakup:

  • Seluruh biaya kuliah
  • Tunjangan hidup (antara $20-30.000 pertahun, tergantung kualifikasi)
  • Gratis tempat tinggal/apartemen
  • Asuransi dan tunjangan kesehatan
  • Kebutuhan transportasi
  • Tambahan beasiswa khusus untuk mahasiswa berprestasi

 

Persyaratan:

1. Lulus S1 atau S2 dengan IPK minimum 3.5 untuk skala 4.0, namun sebenarnya KAUST sendiri tidak membatasi IPK harus di atas 3.5. Jadi merasa yang berminat namun IPK kurang dari itu, apply saja dan titik beratkan potensi kalian di kemampuan yang lain (bisa leadership, research atau pengalaman aktivitas sosial)

2. Berasal dari jurusan yang relevan dengan jurusan/program studi yang ada di KAUST (Teknik dan MIPA).

3. TOEFL score minimum 79 untuk IBT TOEFL atau IELTS dengan skore 6.0.

 

 

Prosedur:

Kunjungi http://www.kaust.edu.sa/admissions/tokaust/fellowship.html selanjutnya klik tab “Apply Now”. Disana akan diminta buat akun aplikasi dan diminta mengikuti petunjuk yang ada.

 

Komposen aplikasi beasiswa yang perlu dilengkapi:

(1) Statement of purpose (2) Curriculum vitae (CV) (3) Official university transcripts (4) Three letters of recommendation (5) Official TOEFL or IELTS English language proficiency score (6) Official GRE scores (direkomendasikan untuk meningkatkan peluang diterima, tapi tidak wajib). Prosedur utamanya:

  • Scan transkrip diupload di aplikasi online, dan official transcript harus juga dikirim lewat pos/kurir service di dalam amplop (amplop resmi universitas) ke: Graduate Affairs Building 9, Suite 4328 King Abdullah University of Science and Technology, 4700 King Abdullah University of Science and Technology Thuwal, Jeddah 23955-6900, Kingdom of Saudi Arabia
  • Kirimkan a statement of purpose bersama dengan aplikasi. Di dalam statement of purpose, tulislah tujuan dan motivasi melanjutkan studi di KAUST, relevansi studi S1 dan studi di KAUST nantinya, prestasi akademik, juga gambarkan potensi diri dan cita-cita ke depannya.
  • Kirimkan 3 letters of recommendation, dan dikirim atas nama kamu. Letters of recommendation harus ditulis oleh professor dan/atau dosen pembimbing.

 

Application Deadline:

Deadline aplikasi adalah 15 Oktober, 2010 untuk program PhD. yang dimulai Januari 2011. Sedangkan untuk program Master adalah 15 Januari, 2011.

Ingin tahu lebih lengkap silakan kunjungi http://www.kaust.edu.sa/admissions/tokaust/fellowship.html dan http://www.kaust.edu.sa/admissions/admissionsfaqs.html.

Agar lebih faham, disarankan juga langsung membuat akun aplikasi online. Program beasiswa ini (tampaknya) akan dibuka tiap tahun, jadi yang tahun ini belum lulus/siap persyaratannya, bisa mendaftar September tahun depan/berikutnya

 

~ oleh syamsa pada November 3, 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: