Sayuran Cantik dan Kasiatnya

Bismillah…

Seperti biasa rutinitas 2 hari sekali, berbelanja sayur-mayur keperluan memasak harian, kali ini lumayanlah ada yang nemenin belanja jadi gak terlihat luntang luntung sendirian di supermarket hehehehe.

Sampai di tempat tujuan hanya masih terbayang satu buah sayur yang akan saya beli. Huwa dan ternyata sayur yang sudah terbayang itu (jagung pipil manis) tidak ada T,T padahal dikos ada susu cair nganggur, sebenarnya akan akan sangat berguna jika dipadu dengan jagung sehingga terciptalah sup jagung manis, tapi ya sudahlah… (sebenarnya ada jagung utuh yang bisa dipipil sendiri, tapi membayangkannya saja sudah cukup repot apalagi melakukannya hahaha)

Tok..tik..tok..

Sekian detik masih belum terfikir hendak membeli sayur apa ?

Akhirnya baby corn (jagung putren) masuk ke keranjang disusul wortel, bayam hijau 1 ikat dan

Aih..aih… aku tergoda sesosok sayuran berwarna keunguan (mirip terong ungu) kontan saja aq ambil (karena heran ini sayur apaan sich *sambil garuk-garuk)

BAYAM MERAH…

Yach itu dia, ternyata nama sayuran yang membuat saya heran, yach tanpa banyak tahu dan paham itu sayur apa, namun sudah diputuskan bahwa saya membelinya (*sambil berfifkir sesampai di kost ntr segera buka laptop n googling tentang sayur aneh ini^^)

Akhirnya saya membeli 2 macam bayam dengan warna yang berbeda, perlu diketahui secara harga bayam merah ternyata lebih mahal 2x lipat dibandingkan bayam hijau,

Whaaaaaaaa semakin membuat saya penasaran ini sayur pa yach???

Benarlah…setelah googling saya dapatkan ini:

Bayam merah adalah dari tumbuhan keluarga Amaranthacea. Nama saintifiknya adalah Amaranthacea Gangeticus. Nama Inggrisnya adalah Red Spinach. Ia adalah pokok berbunga tahunan yang mempunyai bunga ungu gelap.

Kandungan

Tanaman ini banyak mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalium, zat besi, amarantin, rutin, purin dan vitamin (A,B dan C). Secara umum tanaman ini dapat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan pencernaan. Akar bayam merah memiliki khasiat sebagai obat untuk disentri. Dibawah ini ada tabel kandungan zat makanan bayam merah :

Fungsi Sebagai Obat

Bayam digunakan untuk membantu melancarkan proses buang air besar karena kandungan seratnya cukup banyak. Makanan berserat seperti bayam, baik bagi penderita kanker usus besar, kencing manis, koleterol tinggi dan untuk menurunkan berat badan. Kegunaan bayam merah antara lain :

* Dapat meningkatkan kerja ginjal dan bisa bersihkan darah sehabis bersalin. Jika Anda ingin meningkatkan kerja ginjal, membersihkan darah sehabis bersalin maka konsumsilah bayam dalam bentuk sayur bening.

* Anemia. Cuci 2 genggam daun bayam merah, tumbuk hingga halus, tambahkan 1 sdm air jeruk nipis lalu saring. Kemudian tambahkan 1 sdm madu dan sebutir telur ayam kampung, aduk hingga rata. Minumlah ramuan ini 1 kali sehari selama seminggu. Selanjutnya pengobatan dapat dilakukan 2 x seminggu hingga penyakit sembuh.

Atau 60 gram daun bayam merah direbus dengan air secukupnya, tambahkan 1 kuning telur ayam kampung kemudian dimakan. Pemakaian : Konsumsi secara teratur 2 kali sehari

* Disentri. Cuci 10 batang akar bayam merah sampai bersih, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan     garam halus seujung sendok teh dan aduk rata lalu saring. Minumlah air saringan tersebut sekaligus.

* Memperkuat Akar Rambut. Cuci bersih seikat bayam segar, lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan garam seujung sendok teh sambil diaduk rata, selanjutnya peras dan saring. Lalu minumlah sekaligus, lakukanlah hal demikian 2 – 3 kali seminggu.

Anemia merupakan suatu keadaan kekurangan sel-sel darah merah atau merupakan gangguan dalam halkemampuanya mengangkut oksigen. Gangguan ini ditandai rasa lemas, pusing,  mata berkunang-kunang, dan wajah pucat. Pada keadaan yang sangat parah, kekurangan darah dapat mengganggu pekerjaan jantung.

Anemia dapat disebabkan oleh pengkonsumsian makanan yang kurang mengandung zat gizi,gangguan menstruasi, keadaan apa pun yang menyebabkan kehilangan darah dalam jumlah banyak (misalnya: luka parah, bersalin), atau akibat adanya penyakittertentu (misalnya: malaria, TBC menahun, dan sebagainya).

Faktor-faktor berikut ini, baik sendiri maupun bersama-sama, dapat mengakibatkan anemia:

  • Kehilangan sel darah merah dalam jumlah banyak.
  • Kerusakan sel darah merah
  • Kekurangan bahan dasar untuk membuat sel darah merah.
  • Kegagalan sumsum tulang dalam membuat sel darah merah dalam jumlah yang memdai.

Wah jika begitu pantaslah saya bayar agak mahal hahaha

Seperti biasa tak ada metode lain yang lebih nikmat selain membuat bayam merah ini menjadi tumis bayam.

Kali ini ternyata setelah ditumis kuahnya berwarna pink (efek daun yang berwarna keunguan). Karena saya pecinta warna pink hohoho jadi tidak tega untuk makan sayur tumis ini @,@)

~ oleh syamsa pada Oktober 13, 2010.

10 Tanggapan to “Sayuran Cantik dan Kasiatnya”

  1. aah, kuahnya berwarna ungu tauuu~~
    bukan pink😛

  2. hmm keknya enak. betapa malangnya saya belum pernah maem bayam merah😀

  3. wuing…pinkinya udah hilang :3

  4. hmmm…kayaknya harus dibiasakan belanja di pasar tradisional deh….jgn di supermarket terus….katanya melawan liberalisme…:)

    • wkwkwkw terimakasih sarannya🙂

      aduh @_@ bagi pejalan kaki spt sy ehm sangat jauh me ke pasar
      *halah alesan heheheh

      jadi belanjanya sekalian ke kampus milan yg deket kn mirota

      any sugest??

  5. kan bisa pagi2 ba’da subuh sambil olahraga, pulangnya kl cape ya tinggal pake angkot. ada kok🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: