Two_P yang membuatku too_Pyusiing

Two_P yang membuatku too_Pyusiing. What is?!

Yach semester 4 ini aq dibuat sedikit kelabakan karena two_P yang membuatku too_Pyusiing. Two_P adalah 2 mata kuliah yang aq ambil semester ini, apa saja itu? Yupz akan aq bahas satu persatu.

 

1. Two_P yang pertama adalah PSM, bukan Persatuan Sepakbola Madiun loh? Atau Persatuan Sepakbola Makasar? Atau yang lain2. Tapi ini kepanjangan dari Pengantar Statistika Matematika atau dalam bahasa asing sering disebut Introduction to Probability and Mathematical Statistics. Mata kuliah 4 sks (ehm..berat banget) ini adalah mata kuliah wajib yang harus diambil bagi mahasiswa statistik tahun ke-2. Dengan bahasan materi tentang pembuktian dari beberapa teorema yang berhubungan dengan ilmu statistik serta pendukung dari beberapa ilmu staistik seperti metode statistika, pengantar model probabilitas dll. Bisa jadi mata kuliah ini menjadi momok bagi anak2 stat(baca:statistik) kerena sulitnya materi plus bobotnya yang 4 sks…bisa kau bayangkan betapa beratnya?? Sebenarnya mata kuliah ini terbagi menjadi dua yaitu PSM I yang diambil pada tahun ke-2 semester ganjil dan PSM II yang diambil pada tahun ke-2 semester genap. Dua-duanya punya bobot 4 sks dan sama beratnya. Tapi tentu saja semakin tinggi level yang qt tempuh maka semakin berat pula materinya, yang jelas PSM II lebih susah dibanding PSM I (huhh…bagiku dua-duanya sama saja T_T) syukur saja pada mata kuliah PSM II ini aq dapat dosen yang enak. Beliau adalah Prof. Dr. Sri Haryatmi MSc. Seorang dosen wanita yang sudah agak sepuh dengan sifat yang sangat keibuan dan cara mengajar yang juga keibuan. Aq suka itu !!! setidaknya meringankan bebanku karena beratnya mata kuliah ini. Beberapa referensi buku yang aq gunakan pada mata kuliah ini;

·

Introduction to Probability and Mathematical Statistic second edition, Lee J. Bain and Max Engelhardt, University of Missouri-Rolla.

·

Ilmu statistika untuk para ilmuan, Wallpole, ITB-Bandung.

·

Buku catatan PSM II warisan kakak angkatan

·

Slide-slide dari dosen.

·

Soal-soal UTS dan UAS dari tahun-tahun sebelumnya yang juga dapat dari beberapa teman dan kakak angkatan.

Kenapa mata kuliah ini membuatku too_Pyusiing?

Lalu bagaimana solusinya?

Hasil terbaik untuk ikhtiar terbaik

 

2. Two yang kedua adalah PKS. Ups! Kayak nama sebuah partai politik ya? Bukan atuh ini mah kepanjangan dari Pengendalian Kualitas Statistik, dalam bahasa asing Introduction to Statistical Quality Control. Mata kuliah pilihan dengan bobot 3 sks ini diampu oleh dosen Dra. Sri Pangesti, SU. Kenapa 2 mata kuliah yang membuatku pusing diampu oleh 2 dosen yang namanya hampir sama ya? Haha…hanya kebetulan. Mata kuliah ini membahas tentang jaminan kualitas produk dengan hitungan-hitungan menggunakan pendekatan distribusi dalam statistik, pembahasan grafik-grafik pengendali, serta analisis kemampuan proses. Ga’ mudengkan??? Sama he..he..33x. beberapa silabus yang aq gunakan dalam mata kuliah ini:

·

Pengantar Pengendalian Kualitas Statistik, Douglas C. Montgomery, yang diterjemahkan oleh Prof. Dr. Zanzawi Soejoeti, Msc., Gadjah Mada University Press 1990.

·

Sebuah buku tulis yang aq gunakan untuk mencatat materi dari dosen.

·

Soal-soal UAS dan UTS warisan kakak Angkatan.

Kenapa mata kuliah ini membuatku too_Pyusiing?

Lalu bagaimana solusinya?

Aq ragu dengan hasil yang akan aq capai mengingat dari 5 soal UAS, aq hanya mampu mengerjakan 3 soal itupun aq tidak yakin dengan jawabanku…. Maha Besar ALLOH yang telah memberi kita nikmat yang tak habis untuk disyukuri…aq dapat nilai ‘’

Sedikit diuntungkan di fakultas MIPA UGM nilai di KHS (Kartu Hasil Studi) tetap saja ditulis B…ehm memang nikmat yang tak habis disyukuri.

 

Lagi-lagi jawabannya adalah belajar bareng, dan parahnya aq benar2 baru ngeh dengan mata kuliah ini waktu hampir2 UAS, oOhoo telat banget gak sichhampir sama kasusnya dengan PSM II, hanya saja aq sempat mengira mata kuliah ini hanya pelajaran mencatat mengingat dosennya banyak memberikan catatan tapi aq ga’pernah ngerti tentang pa yang aq catat J . Gak sia-sia semua usahaku. UAS telah berlalu, nilai-nilai pun keluar, yach aq dapat hasil yang cukup memuaskan ‘B’ untuk mata kuliah 4 sks nilai itu cukup memuaskan, walaupun aq masih berharap bisa dapat ‘A’. Aq ga’akan menyerah. Yupz jurus terakhir yang aq tempuh adalah belajar bareng. Alhamdulillah cara ini lumayan jitu, beberapa materi yang ga’aq ngerti jadi paham dan meteri yang sudah paham semakin paham serta manfaat lainnya kemampuan qt dalam manajemen forum, public speaking dan bertukar fikiran jadi lebih terasah. Thanx untuk teman2ku ^_^) Ya karena susah?! Aq terbiasa belajar dengan menyalin kembali catatan materi waktu kuliah, dengan cara tersebut memudahkan diriku untuk memahami materi yang belum aq mengerti. Tapi untuk mata kuliah ini, biarpun sudah aq salin berulang-ulang itu catatan tetep ja ga’mudeng ?! atau cara lain, aq biasa melahap habis soal-soal terkait materi, tapi untuk mata kuliah ini ehm..hanya segelintir soal yang mampu aq telan, itupun masih mentah-mentah alias soal-soal yang aq kerjakan blom tentu bener he3.

~ oleh syamsa pada Juli 23, 2008.

Satu Tanggapan to “Two_P yang membuatku too_Pyusiing”

  1. kayanya kolomnya ini kekecilan, jadi bacanya kurang nyaman.
    saranku sih digedein dikit kolomnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: