Air…Air…Air

Alhamdulillah akhirnya setelah sekian tahun aq tidak menyentuh air….

-Eeiit jangan salah sangka dulu! Jangan berfikir sekian tahun aq ga’nyentuh air bak mandi?! Ga’mungkin kan risa yang cuaantix ini ga’mandi bertahun-tahun he3, tw kalian berfikir aq ga’nyentuh air teko selama sekian tahun? Secara logika, medis tw biologis ga’mungkin juga manusia bisa bertahan hidup tanpa air selama bertahun-tahun.

Akhirnya setelah sekian tahun aq tidak menyentuh air kolam renang, tepat pada tanggal 19 Juni 2008 bertepatan dengan 16 Rajab 1429H pukul 08.50 aq menyentuhnya. HoHo ga’hanya nyentuh, njebur(^_^) Subhanallah, aq sudah lupa, kapan terakhir kali aq berenang, mungkin waktu aq masih duduk di Sekolah Dasar (SD), kelas berapa yach? Aq juga lupa^^. Hari itu -Sabtu- aq dan beberapa temanku ditemani seorang kakak, memang berencana riyadoh(olahraga.red). Kami memilih sebuah pusat olahraga renang putrid. Kolam renang ini khusus akhwat(cewe’.red) cowo’ not allowed. Berangkat pukul 07.50 dari koz dengan perjalanan sekitar ±15 menit menggunakan sepeda motor, aq sampai di Ponpes Ihya As Sunnah, Jl.Kaliurang Km15, Degolan, Yogyakarta. Sangat beruntung hari itu da instruktur renang bagi mereka yang belum mahir berenang -seperti aq- Hal2 yang aq lakukan di sana:

 

·

Pemanasan, sebelum njebur?!

Seperti biasa, qt harus pemanasan dulu sebelum berenang dengan gerakan-gerakan ringan yang dapat melenturkan tubuh. Oyaa lupa sebelumnya baca Bismillah dulu *_^

·

Langsung dech njebur !!!

Tw gak sich?! Aq njebur ke kolam dengan kedalaman ±1,5m. Bagi pemula kurasa ini terlalu dalam, terutama bagi diriku yang ga’bisa renang sama sekali Gerakan pertama yang diajarkan oleh sang instruktur adalah latihan pernafasan. Dalam berenang qt bernafas dengan mulut & hidung. Tekniknya, menghirup udara dengan mulut kemudian mengeluarkannya dari hidung. Olala… ternyata susah sodara-sodara!!! berkali-kali aq tersendak plus meminum air (gpp, hitung2 sambil menyelam minum air He3)

·

Gerakan meluncur

Setelah latihan pernafasan, qt mulai belajar meluncur. HuHh…aq gagal untuk bisa meluncur coz aq masih belum mengusai teknik mengapung. Apa berat badanku berlebih yach hinga aq ga’bisa ngapung?? Bila dibanding teman2, aq punya berat badan paling ringan dech rasanya (sekitar 45-46kg).Upz mungkin hanya kurang banyak berlatih ja.

·

Gaya-gaya dalam berenang

Ada beberapa gaya berenang yang diajarkan yaitu gaya kodok, gaya dada dan gaya bebas. Dari ketiganya tak satupun yang aq kuasai. Eh…ga’juga dinkz aq bisa gaya bebas sebebas-bebasnya dan gaya batu alias menenggelamkan diri hohoho…

Disela-sela latihan aq sesekali naik ke darat. Ga’kuat juga berlama-lama di dalam air apalagi suhu udara begitu dingin. Jogja akhir-akhir ini memang punya cuaca yang aga’aneh, klo malam dingin banget(apalagi menjelang pagi plus pagi harinya) klo siang panasss banget. Sampe2 seorang temanku berceletuk

“Memang hidup di darat lebih enak”

Akhirnya setelah ±2jam aq berendam, aq mentas juga. HuHhh…dingiiin?!

Tepat saat adzan Dzuhur berkumandang aq nyampe di kos. Ehmm…pengalaman yang menyenangkan hanya dengan membayar Rp.5.500, aq sudah bisa berenang sepuasnya (teserah mw sampe berapa jam, asal belum tutup ja he3) plus dilatih ma instruktur pula. Harga yang special menurutku. Hanya saja, beberapa ilmu belom aq serap secara maksimal (teknik dasar gerakan meluncur ja blom bisa, gimana mw melakukan macam2 gerakan renang??~_~) Tapi aq sudah berusaha, minimal aq sudah bisa beradptasi dengan air dan teknik pernafasannya.

Sejak saat itu, aq dan beberapa teman2 sepakat untuk latihan renang rutin -min sebulan sekali lah, InsyaALLOH- sebagai konsekuensinya aq harus sering2 jogging tiap pagi, supaya punya nafas yang panjang klo ntar latihan berenang. Qt kan ga’mw jadi akhwat yang lemah, harus Qowi(kuat.red). Seperti sabda Rasulullah shallallahu’alahi wa sallam:

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Alloh daripada Mukmin yang lemah” (HR. Muslim)

 

~ oleh syamsa pada Juli 23, 2008.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: